jurnalmadura.com
NEWS TICKER

Peringati Hari Mangrove Nasional, Bupati Bangkalan Beserta Lanal Batuporon Tanam 4 Ribu Bibit Mangrove

Selasa, 26 Juli 2022 | 5:49 pm
Reporter : jurnalmadura
Dibaca: 112
google.com, pub-2033676592392824, DIRECT, f08c47fec0942fa0

jurnamadura.com, BANGKALAN – Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron bersama jajaran Forkopimda ikut serta dalam kegiatan penanaman mangrove dalam rangka peringatan hari mangrove Nasional yang dilaksanakan oleh Lanal Batuporon di Desa Labuhan, Kecamatan Tanjung Bumi, Bangkalan, Selasa (26/7/2022).

Dalam sambutannya, Ra Latif berharap, penanaman mangrove akan memberikan banyak manfaat yang sangat besar, tidak hanya mencegah terjadinya abrasi serta dapat menjaga ekosistem daerah pesisir, mangrove juga bisa dijadikan pilihan tempat wisata edukasi.

“Hutan mangrove ini harap dijaga dan dilestarikan sebaik mungkin, karena beberapa tanaman mangrove ini juga dapat dijadikan bahan olahan yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” Ucap Ra Latif

Untuk itu, Politisi Partai PPP ini mengharap, semua lapisan masyarakat untuk terus bahu membahu dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan melalui aksi nyata menanam dan merehabilitasi mangrove pada daerah yang memiliki pantai, utamanya daerah pesisir pantai yang mengalami kerusakan akibat terjadinya abrasi air laut.

Baca Juga:  Tidak Lolos Verifikasi, Bacakades Desa Perreng dan Desa Kapor Meminta 'Surat Sakti' Bupati

“Keberlangsungan hutan mangrove adalah tanggung jawab kita bersama, karena di dalamnya ada berbagai kehidupan biota laut yang terlindungi dengan adanya mangrove,” Terangnya.

Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Batuporon, Letkol Laut (P) Mahfud Effendi, M. Tr. Hanla., CHRMP, menjelaskan kegiatan menanam mangrove dilakukan secara serentak di 77 lokasi pangkalan AL se Indonesia dalam rangka hari mangrove sedunia. Dalam kegiatan itu telah menyiapkan 4.000 bibit mangrove untuk lahan seluas 4 hektar.

“Desa Labuhan ini merupakan tempat wisata sehingga diharapkan selain bisa mencegah terjadinya abrasi juga dapat dimanfaatkan sebagai wisata mangrove,” ungkapnya. (Redaksi)

VelocityDeveloper.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.