jurnalmadura.com
NEWS TICKER

RTH Bangkalan Belum Ideal, DLH Akan Bangun Kebun Bibit dan Rumah Kompos di Bancaran

Selasa, 25 Mei 2021 | 6:23 pm
Reporter : jurnalmadura
Dibaca: 193
google.com, pub-2033676592392824, DIRECT, f08c47fec0942fa0

BANGKALAN – Tahun ini akan dibangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) di sisi timur jembatan Bancaran. Pelaksanaan diperkirakan sekitar bulan Juni dengan anggaran dari APBD sebesar Rp 200 juta.  Hal itu dilakukan lantaran RTH di Kabupaten Bangkalan masih jauh dari kata ideal.

DLH Bangkalan melalui Kabid Pelayanan Tata Lingkungan, Moh. Hasbul menjelaskan anggaran pembagunan RTH idealnya 1 M, bisa dibangun secara bertahap selama 5 tahun.

“Kebun bibit dan rumah kompos di anggarkan sekitar 200 juta, cukup atau tidaknya relatif. Bicara ideal saya rasa 1M ideal, karena ada beberapa fasilitas yang harus dilengkapi. Harapannya bisa sampai 5 kali tahapan untuk bisa sempurna,” ujarnya, Senin (25/05).

Baca Juga:  Kasus Korupsi Jual Beli Tanah Percaton, Kejaksaan Negeri Bangkalan Sita Tanah Kas Desa Petapan

Hasbul menjelaskan pihak DLH Bangkalan akan melakukan langkah konkrit untuk mengamankan lahan kosong milik Pemkab untuk dijadikan aset daerah sebagai RTH yang merupakan paru-paru Kota Bangkalan.

Saat ini luas RTH di Kabupaten Bangkalan hanya sebesar 13,49 persen dari luas keseluruhan Kabupaten Bangkalan. Sementara idealnya RTH di suatu daerah adalah 30 persen, dengan rincian 10 persen privat dan 20 persen publik.

“Harapannya masyarakat juga memiliki kepedulian untuk menjaga lingkungan sekitar, dengan menyediakan ruang lingkungan hijau di rumah masing-masing,” pungkasnya.

Reporter: Dimas
Editor: Mahallil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

VelocityDeveloper.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.