jurnalmadura.com
NEWS TICKER

Memasuki Kemarau Panjang, Tujuh Kecamatan Di Sumenep Minta Disalurkan Air Bersih

Friday, 2 October 2020 | 2:04 pm
Reporter : jurnalmadura
Dibaca: 148

SUMENEP – Kemarau panjang untuk daerah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur pada tahun 2020 ini makin meluas, akibatnya  beberapa Kecamatan alami kekeringan

Sampai saat ini, diketahui setidaknya sudah ada tujuh kecamatan yang mengalami kekeringan. Sehingga ke-Tujuh kecamatan tersebut mengajukan penyaluran air bersih pada pemerintah setempat.

“Sementara yang masuk ke kita, masih ada tujuh kecamatan yang menyampaikan usulan permintaan dropping air bersih,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep Abd. Rahman Riadi, pada awak media, Jumat  (02/10/2020).

Baca Juga:  Mobil Panther Seruduk Truk Fuso Di Batuan Sumenep, 1 Korban Meninggal Dunia

Menurut Rahman, Tujuh kecamatan itu terdiri dari Kecamatan Batuputih, Pasongsongan, Rubaru, Ganding, Talango, Batang-Batang, dan Kecamatan  Saronggi.

“Bantuan air bersih akan kita proses sesuai dengan permintaan dari kecamatan,” kata Rahman pada awak media saat dikonfirmasi

Sementara, sambung Rahman dari hasil pemetaan wilayah yang dilakukan BPBD Sumenep, ada 29 desa yang tersebar di 9 kecamatan mengalami dampak kekeringan. Baik kering kritis, kering terbatas maupun kering langka.

“Kalau yang kemarin, baru kecamatan Ambunten kita dropping air bersih dengan menggunakan dana talangan yang ada di BPBD. Disana kita dahulukan karena kering kritis,” tambahnya.

Baca Juga:  Pasca Terjaring OTT, Oknum ASN dan PHL Di Sumenep Dijerat Undang-Undang Tipikor

Menindaklanjuti hal tersebut, Rahman mengaku saat ini sudah proses pengajuan kepada Bupati Sumenep untuk penambahan dana biaya tak terduga untuk penanganan kekeringan.

“Nah, kami kemarin sudah menyampaikan ke Bupati permohonan dana tambahan, dan sudah turun. Insya allah sehari atau dua hari sudah bisa diambil, sekarang masih proses di BPPKAD,” tutupnya.

Reporter: Masyhuri
Editor: Mahallil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

VelocityDeveloper.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.