jurnalmadura.com
NEWS TICKER

72 Triliun DD di Sumenep Pencairannya Akan Dipercepat, Kepala DPMD : Perlu Ada Surat Kuasa Bupati

Selasa, 14 April 2020 | 2:20 pm
Reporter : jurnalmadura
Dibaca: 224
google.com, pub-2033676592392824, DIRECT, f08c47fec0942fa0

SUMENEP – Pada tahun 2020 Pencairan anggaran Dana Desa (DD) sebesar Rp 72 triliun di Kabupaten Sumenep, akan dipercepat pencairannya, hal itu langsung melalui rekening negara ke rekening desa.

Diketahui, untuk prosentase pencairan DD ditahun ini dengan mekanisme tiga tahap, yakni, tahap pertama sebanyak 40 persen, tahap kedua sebanyak 40 persen, dan tahap ketiga sebanyak 20 persen.

Semua tahap tersebut akan dicairkan jika desa yang mengajukan sudah memenuhi syarat pencarairan yakni, diantaranya, harus melampirkan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes). Setelah rampung ditingkat Kabupaten, dan perlu ada Surat Kuasa (SK) dari Bupati, serta terakhir menunjukan nomer rekening desa, sehingga bisa langsung dicairkan.

“Mekanisme pelaksanaannya akan dibentuk dari beberapa tim. Tim internal Kabupaten, itu dari Inspektorat yang berkaitan dengan progres monitoring, kemudian realisasi pelaksanaan langsung dari pihak Kecamatan,” kata Moh Ramli, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Selasa, (14/04/2020).

Baca Juga:  Seorang Anak Di Sumenep, Rekam Ibunya Saat Berhubungan Intim Dengan Oknum Perangkat Desa

Dia meminta bahwa, supaya semua desa segera mengajukan pencairan DD tahap kedua untuk mendorong percepatan bidang pemberdayaan dan pembangunan infrastruktur desa.

Ramli juga menjelaskan, pelaksanaan pembangunan infrastruktur desa, harus memprioritaskan kepada Padat Karya Tunai alias warga miskin di daerah masing-masing, dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat.

“Tidak menutup kemungkinan secara teknis dapat bisa melalui ketenagakerjaan lain jika tidak bisa dilakukan oleh masyarakat setempat,’’ terangnya.

Pencairan DD tahap pertama sudah dicairkan pada bulan Januari 2020 lalu. Sedangkan tahap kedua akan diproses pada bulan Juni mendatang. Berlanjut tahap ketiga harus selesai melalui persyaratan tahap satu dan dua.

Reporter: Masyhuri
Editor: Mahallil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

VelocityDeveloper.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.