jurnalmadura.com
NEWS TICKER

Survei CNN : Airlangga Capres Terkuat Ditengah Polarisasi di Masyarakat

Thursday, 27 April 2023 | 5:09 pm
Reporter:
Posted by:
Dibaca: 184

jurnalmadura.com, NASIONAL – Citra Network Nasional (CNN), kembali lakukan survei dalam mengukur preferensi publik, terhadap Parpol dan tokoh berpotensi Bacapres pilihan masyarakat menjelang pemilu 2024.

Direktur Eksekutif CNN Muhammad Dandy, mengatakan preferensi publik terhadap kriteria dan kemampuan dari sosok pengganti Jokowi, sebanyak 89,2 persen menginginkan sosok presiden memiliki kemampuan dalam mengelola perekonomian nasional. Serta 90,2 persen menginginkan sosok yang memiliki kemampuan untuk bisa menyatukan masyarakat, yang terpolarisasi akibat dampak politik 2019.

Dalam pertanyaan terbuka hanya 4 tokoh yang mendominasi, diinginkan publik untuk maju sebagai calon presiden dalam pilpres 2024, yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto.

“Dalam pertanyaan mengunakan kuisioner, ketika diminta untuk memilih jika pilpres digelar hari ini, maka hasilnya nama Airlangga Hartarto paling banyak di pilih dengan 28,2 persen respoden yang memilihnya, lalu disusul Ganjar Pranowo 24,7 persen, kemudian Prabowo Subianto 17,2 persen dan Anies Baswedan 14,1 persen, memilih tokoh lain 15,8 persen,” kata Dandy dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Kamis (27/4/2023).

Hasil survei, menunjukan jika pemilu digelar hari ini maka Partai Golkar dipilih sebanyak 19,8 persen, Gerindra 16,2 persen, PDIP 15,3 persen, Demokrat 7,4 persen, PKS 7,1 persen, Nasdem 6,3 persen, PKB 5,3 persen,PPP 4,1 persen, PAN 2,9 persen dan gabungan Parpol lain 4,7 persen tidak memilih 10,9 persen

Survei CNN mengunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 2.200 tersebar di 34 Provinsi. Survei ini memiliki margin of error +/- 2,08 dengan level kepercayaan 95 persen.survei dilaksanakan mulai 8 -20 April 2023.

Baca Juga:  Tokoh NU Jateng Desak PBNU Penuhi Aspirasi Warga NU Jatim tentang Capres Cawapres Asli NU

Menanggapi hasil survei CNN, Pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta Bambang Arianto, menilai naiknya elektabilitas Menko Perekonomian yang juga Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto karena kinerja dalam membantu Presiden Jokowi  dalam urusan ekonomi terbukti berjalan dengan baik khususnya bagi perekonomian Indonesia.

Namun saat ditanya pasangan yang pas jika Airlangga maju, Bambang berpendapat bahwa Khofifah di Pilpres 2024 sangat potensial. “Airlangga Khofifah melaju untuk menghadapi Ganjar dan Prabowo nantinya , Karena sosok Khofifah ikon dari warga Nahdliyin. Selain itu Khofifah cukup bagus dalam rekam jejak kinerja,” kata Bambang Arianto kepada wartawan, Kamis (27/4/2023).

Selain itu, Andika juga bisa menjadi Cawapres Airlangga, dimana Andika Perkasa menjadi sosok tokoh militer muda yang modern, banyak anak muda mengidolakannya. Tetapi kelemahan Andika bukan anak biologis dari partai sehingga tetap tidak memiliki pamor yang kuat, ketimbang bila cawapres Khofifah.

Sementara itu terkait peluang Airlangga-Anies di Pilpres 2024. “Saya lebih cendrung ke Airlangga dan Anies. Karena sama-sama tokoh muda yang memiliki elektabilitas bagus,” jelasnya. (Redaksi)

VelocityDeveloper.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.