jurnalmadura.com
NEWS TICKER

Jelang Tradisi ‘TORON’ Masyarakat Madura, Wagub Beserta Wakapolda Jatim Tinjau Kesiapan Pos PAM Suramadu

Jumat, 31 Juli 2020 | 12:05 am
Reporter : jurnalmadura
Dibaca: 99

BANGKALAN – Menjelang hari raya idul adha 1449 H, tepatnya malam lebaran Qurban, Wagub yang didampingi Wakapolda Jatim beserta rombongan mendatangi Pos PAM Suramadu sisi Madura, hal ini berkaitan dengan arus mudik atau yang biasa di kenal dengan tradisi “Toron” oleh masyarakat Madura.

Rombongan Wakil Gubernur (Wagub), Email Dardak, beserta Wakil Polda Jatim tiba di Pos Pantau arus Toron sisi Madura disambut langsung oleh, Bupati, Kapolres, beserta Dandim 0829 Bangkalan.

“Kali ini kita meninjau Madura khsusnya Bangkalan, di tiga titik, meliputi Penyebrangan Perak-Kamal, Pos PAM Suramadu serta alun-alun Bangkalan,” Kata Kang Email usai ramah tamah di Mapoolres Bangkalan, Kamis (30/7/202).

Baca Juga:  Bupati Bangkalan Hadiri Kegiatan Serbuan Vaksinasi Dan Bantuan Paket Sembako TNI AL Batuporon

Kang Email menjelaskan, bahwa masyarakat Madura selama ini ketika memasuki Lebaran Haji mengenal dengan tradisi “TORON” atau pulang ke kapung halaman ketika hari lebaran Qurban, sehingga kita harus memastikan arus kendaraan terkendali aman dan lancar.

“Ini salah satu sinergitas Forkopimda, apalagi tradisi TORON lebaran idul adha di Madura biasanya lebih ramai ketimbang idul Fitri, makanya pak Wakapolda ingin memastikan kesiapan tim dilapangan,” katanya.

Selain itu, lanjut pria yang pernah menjabat Bupati Trenggalek ini, setelah shalat idul adha akan ada kegiatan penyembelihan hewan qurban, sehingga perlu monitor yang ketat untuk menghindari terjadinya penumpukan masyarakat pada saat pendistribusian.

Baca Juga:  65.2 Milliar Anggaran Covid-19, Hanya 9.7 M Untuk Dinas Kesahatan Bangkalan

“Untuk menghindari itu, yang mendistribusikan daging qurban nantinya selain aparat kepolisian ditingkat Polsek, juga melibatkan RT setempat, kami ikut bahagia, kesigapan pak Kapolres, Bupati beserta Dandim,” imbuh pria yang juga hobi menyanyi ini.

Diketahui, bahwa Gubernur Jawa Timur telah mengeluarkan surat edaran terkait protokol pelaksanaan Shalat Ied dan penyembelihan hewan qurban sampai pendistribusiannya.

“Apabila protokol itu diikuti, minimal kita bisa meminimalisir seoptimal mungkin risiko,” tutupnya.

Reporter: Mahallil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

VelocityDeveloper.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.