jurnalmadura.com
NEWS TICKER

Jelang Idul Adha, Kesehatan Hewan Qurban Di Sumenep Mulai Diperiksa

Tuesday, 28 July 2020 | 2:54 pm
Reporter : jurnalmadura
Dibaca: 83

SUMENEP – Menjelang hari raya Idul Adha atau dikenal dengan hari raya qurban, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Sumenep, melakukan pada pengecekan kesehatan hewan.

“Kita lakukan pemantauan hewan ternak dari tim kesehatan hewan sejak 10 Juli 2020 diberbagai penampungan hewan qurban,” ungkap sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumenep, Khaeru Ahmadi, pada awak media, Selasa (28/07/2020).

Menurutnya, sampai saat ini dari hasil pemeriksaannya di lapangan, belum ditemukan hewan-hewan ternak yang sakit saat dilakukan pemeriksaan.

“Kami menghimbau para pedagang hewan ternak secara berkala untuk tidak melakukan perawatan yang sekiranya nanti merugikan pada hewan itu sendiri,” imbaunya.

Adapun lokasi hewan qurba yang diperiksa, kata Khaeru, bertempat di area pasar maupun tempat penampungan hewan ternak lainya, dan pemeriksaan ini akan berlangsung sampai nanti pada pelaksanaan hari raya qurban, pada hari Jumat (31/07/2020) mendatang.

Baca Juga:  Satu Orang PDP Meninggal Dunia, Satgas Covid-19 Sumenep Nyatakan Negatif Corona

“Untuk hewan yang keluar air mata mungkin itu kena debu atau kena pakan. Kami intruksikan segera dibersihkan saja, tidak masalah,” bebernya.

Dalam pelaksanaan pemeriksaan terswbut, DKPP Sumenep menugas sebanyak 32 orang petugas khusus kesehatan hewan ke dibeberapa pulau dan daratan di kabupaten yang berada di ujung timur pulau madura ini.

“Itu yang nangani petugas medis peternakan yang sudah kami latih dan mendapatkan sertifikat untuk membantu dokter hewan tugas di lapangan,” terang khaeru.

Untuk semua petugas, sambung Khaeru, nantinya akan dimitlnta laporan dari hasil pemeriksaan hewan qurban yang telah di periksanya tersebut

“Per Kecamatan akan kami minta laporannya,” tukasnya.

Reporter: Masyhuri
Editor: Mahallil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

VelocityDeveloper.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.