Daftar Pemilih Sementara Pilbup dan Wabup Sumenep 2020 Sebanyak 828 Ribu Pemilih | jurnalmadura.com
jurnalmadura.com
NEWS TICKER

Daftar Pemilih Sementara Pilbup dan Wabup Sumenep 2020 Sebanyak 828 Ribu Pemilih

Wednesday, 19 August 2020 | 2:54 pm
Reporter : jurnalmadura
Dibaca: 72

SUMENEP – Daftar pemilih di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada bulan Desember 2020 mendatang, sebanyak 828 ribu pemilih

Hal itu diketahui dari hasil tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang dilaksanakan pada 15 Juli hingga 13 Agustus 2020 kemarin.

“Hasil Coklit yang dilakukan oleh petugas PPDP diketahui jika pemilih untuk pemilihan bupati dan wakil bupati ini berkurang sekitar 60 ribu,” kata Syaifur Rahman, Komisioner KPU Sumenep, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi. Rabu (19/08/2020).

Menurutnya berkurangnya data 60 ribu tersebut, diketahui 40 ribu karena angka kematian, dan lain-lain sebanyak 20 ribu yang mengharuskan KPU untuk menghapus dan memperharui data. Sebab, hal itu dinilai lantaran tidak memenuhi syarat (TMS).

“Jadi memang berkurangnya data pemilih ini karena banyaknya pemilih yang sudah TMS, terutama yang meninggal,” terangnya.

Kendati demikian, Kata Syaifur Rahman, hasil Coklit tersebut masih belum sepenuhnya final. Sebab, akan dilanjutkan pada tahap penyusunan daftar pemilih hasil perbaikan (DPHP) oleh PPS di masing-masing desa.

Baca Juga:  Ketua DPRD Sumenep Setujui Anggaran Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Sebesar 95 Miliar

“Selama masa penyusunan itu, PPS tetap diberikan kesempatan untuk melakukan evaluasi data sampai tanggal 29 Agustus. Kemudian dilanjutkan ke pleno,” paparya.

Kemudian dari daftar hasil rapat pleno ditingkat PPS itu, kemudian akan diplenokan di tingkat PPK. Selanjutnya akan diplenokan KPU untuk ditetapkan menjadi daftar pemilih sementara (DPS).

“Dari penetapan DPS itu nanti akan ada ruang untuk di kroscek kembali, melalui tanggapan langsung dari masyarakat dan kegiatan uji publik DPS bersama RT/RW. Karena DPS akan diumumkan di tempat-tempat strategis yang ada di masing-masing desa. Semisal ada perubahan data, nanti bisa langsung konfirmasi ke PPS,” jelasnya.

Dari hal tersebut, dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh PPDP di Sumenep ini atas jasanya berjuang melaksanakan Coklit di masa pandemi COVID-19.

“Usaha petugas PPDP dalam menyelesaikan tugasnya di masa pandemi ini sungguh sangat luar biasa. Jadi saya ucapkan terima kasih kepada mereka,” tutupnya.

Reporter: Masyhuri
Editor: Mahallil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

VelocityDeveloper.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.