jurnalmadura.com
NEWS TICKER

Survei TBRC : Airlangga-Ganjar Pranowo Tertinggi Elektabilitasnya, Kalahkan Pasangan Probowo-Anis

Jumat, 23 Desember 2022 | 7:53 am
Reporter : jurnalmadura
Dibaca: 24

jurnalmadura.com, NASIONAL – Timur Barat Research Center (TBRC) kembali melakukan survei tentang persepsi masyarakat terhadap kinerja pemerintah dan kondisi politik nasional pasca Era Covid 19

Direktur Eksekutif Timur Barat Research Center (TBRC) Firmansyah mengatakan, metodologi survei ini mengambil sample sebanyak 1816 Responden yang mewakili Warga Negara Indonesia Sampel dipilih secara acak dari populasi pemilih yang berusia 17 tahun ke atas/sudah menikah dam yang sudah memiliki Hak Pilih jika diadakan Pemilu, survei ini memiliki margin of error +/-2.7% dengan tingkat Kepercayaan 95 persen.

“Survei dilakukan dengan media saluran telepon dan tatap muka  untuk mengambil data survei dari 1816 oleh Surveyor yang terlatih, penentuan responden mengunakan metode multistage random sampling Dan Survei dilakukan di 340 Kab/Kota di Indonesia dan survei dilakukan mulai tanggal 5 -16 Desember 2022 , “kata  Firmansyah dalam keterangannya, Kamis (22/12/2022).

Kemudian, ketika Responden ditanyakan Partai Politik mana yang akan dipilih jika Pemilu di Gelar hari ini ,dengan diminta memilih salah satu parpol dari 17 parpol  menjadi peserta Pemilu 2024. Sesuai Keputusan yang dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) KPU Nomor 518 Tahun 2022  dan yang tertera di kertas kuisioner.

“Hasilnya Partai GOLKAR menjadi parpol yang paling tinggi tingkat keterpilihannya dengan tingkat keterpilihan sebesar 16,2 persen disusul ditempat kedua PDIP 15,7 persen , selanjutnya Gerindra 14,8 persen,” imbuhnya.

Disusul Demokrat 7,9 persen, PKS 6,2 persen, PKB 5,9 persen, Nasdem 4,9 persen, PPP 4,3 persen, PAN 3,9 persen, Perindo 3,3 persen, PSI 1,3 persen, Garuda 1,2 persen, Gelora 1,1 persen, Hanura 1,1 persen, Partai Buruh 1,1 persen, PKN 0,7 persen, sedangkan yang tidak memilih sebanyak 10,4 persen.

Dengan simulasi dua pasangan capres cawapres dari hasil Koalisi partai di  KIB dan PDI Perjuangan yang memiliki chemistry politik yang kuat untuk berkoalisi dan  mengusung pasangan Airlangga Hartarto-Ganjar Pranowo dan Koalisi Gerindra -PKB -PKS,NASDEM dan Demokrat  mengusung Prabowo Subianto -Anies Baswedan, kemudian 1816 respoden diminta untuk memilih salah satu pasangan jika pilpres digelar hari ini maka pasangan Airlangga Hartarto-Ganjar Pranowo dipilih sebanyak 42,8 persen dan pasangan Prabowo Subianto-Anies Baswedan dipilih sebanyak 36,9 persen dan yang tidak memilih sebanyak 20,3 persen.

Baca Juga:  Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina Gelar Media Gathering, Wagub Jatim Ajak Pelaku Industri Migas Meningkatkan Belanja Industri Kreatif

Menanggapi hasil survei TBRC Direktur Eksekutif Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) Sholeh Basyari menilai bahwa sosok yang Airlangga Hartarto patut diapresiasi, karena telah menjalankan tugasnya dengan baik sebagai Menko perekonomian.

“Ya soal hasil survei TBRC yang menyikapi tentang persepsi masyarakat terhadap kinerja pemerintah dan kondisi politik nasional pasca Era Covid 19, bagi saya adalah Airlangga Hartarto , karena telah menunjukkan kinerjanya sebagai Menko perekonomian, ” kata Sholeh kepada wartawan, Kamis( 22/12/2022).

Sholeh menyebut bahwa  hal itu  wajar jika survei TBRC mengunggulkan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres) 2024. Pasalnya Ketua Umum Golkar itu telah membuktikan kerja kerasnya untuk masyarakat Indonesia dalam membangkitkan ekonomi di tengah pandemi covid-19.

“Survei TBRC itu memang bukti Airlangga Hartarto telah bekerja keras untuk masyarakat dan membangkitkan ekonomi bangsa ditengah pandemi Covid-19, ” ucapnya.

Menurut pengamat politik dan akademisi Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) ini, Golkar dari dulu telah memiliki pengalaman dalam membangun infrastruktur dan menjalankan  perekonomian, sehingga dengan begitu partai pohon beringin tersebut telah mempunyai basis yang kuat baik di perdesaan, kabupaten dan kota.

“Golkar telah teruji dalam membangun infrastruktur dan menjalankan perekonomian sejak era order baru, dari desa hingga perkotaan, ” ucapnya.

Dia menjelaskan  meskipun muncul tokoh Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, namun tidak mempengaruhi elektabilitas Airlangga Hartanto sebagai capres 2024. Karena kinerjanya telah membuktikan kepada masyarakat.Maka peluang Airlangga Hartarto menang capres sangat kuat.

“Elektabilitas Airlangga Hartarto sangat tinggi dibandingkan capres lainnya seperti Prabowo, Anies dan Ganjar, hal ini terbukti bukan hanya hasil dari survei TBRC, tetapi penilaian dari masyarakat,” tutupnya. (Redaksi)

VelocityDeveloper.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.