jurnalmadura.com
NEWS TICKER

Mampu Tingkatkan Ekonomi, Airlangga Presiden Idaman Masyarakat

Saturday, 4 March 2023 | 4:21 pm
Reporter:
Posted by:
Dibaca: 177

jurnalmadura.com, JAKARTA – Nama ketua umum Partai Golkar, Airlangga Hartanto, menjadi tokoh paling diminati masyarakat sebagai kandidat pengganti Joko Widodo pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Keunggulan itu, berdasarkan hasil survei  jajak pendapat masyarakat Indonesia tentang penilaian dan preferensi publik, terhadap kinerja pemerintah pasca pandemi Covid-19, yang digelar Jaringan Jurnalis Indonesia (JJI).

Koordinator JJI, Agusta Irawan mengatakan bahwa pihaknya melakukan jajak pendapat masyarakat untuk mengukur kecenderungan masyarakat, dalam memilih parpol dan tokoh bakal capres  pada pemilu 2024 dalam dinamika politik nasional saat ini.

Survei menargetkan populasi warga negara Indonesia (WNI) berusia 17 tahun ke atas  atau sudah menikah. Sebanyak 2.080 responden dipilih, tersebar di 34 Provinsi dengan metode multistage random sampling.

“Hasil survei ini menunjukkan bahwa sebanyak 79,7 persen responden merasa puas dengan kinerja Presiden Jokowi, terdiri atas 22,2 persen responden yang menyatakan sangat puas dan 57,5 persen menyatakan cukup puas,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/3/2023).

Agusta menjelaskan, karakter pemimpin yang diinginkan dan dibutuhkan masyarakat diera mendatang bagi Indonesia, terkait keadaan ekonomi global yang penuh ketidakpastian pasca covid 19 ,hasil survei menunujuak bahwa sebanyak 89,2 persen respoden menginginkan  “innovative leader”.

“Yaitu presiden memiiki  inovasi kebijakan yang akan memperbaiki kualitas hidup banyak orang dan  sebanyak 88,9% responden ingin dan berharap presiden pada 2024 memiliki kemampuan membuat perubahan dimana Kompetensi tersebut diikuti oleh jejak kemampuan memimpin saat situasi kritis dan membuat kebijakan yang inovatif seperti pada saat adanya pandemi covid 19 yang berpengaruh terhadap perekonomian dan pendapatan masyarakat,” jelas Agusta.

Kata dia, ada tiga karakter utama yang diinginkan masyarakat terhadap tokoh sebagai presiden yang akan meneruskan Jokowi adalah peduli pada rakyat, jujur, bisa dipertaya dan bersih dari korupsi serta berpengalaman, 89,2 persen masyarakat menginginkan calon presiden dan wakil presiden yang perhatian pada rakyat.

Terkait preferensi publik terhadap tingkat elektabilitas  yang dimiliki oleh  para tokoh yang digadang-gadang sebagai kandidat calon Pemilu 2024. Menurut hasil survei ini , bursa capres masih didominasi oleh lima nama yakni Airlangga Hartarto, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Puan Maharani dan Anies Baswedan.

Baca Juga:  Survei CNN : Airlangga Capres Terkuat Ditengah Polarisasi di Masyarakat

“Dalam survei ini  nama Airlangga Hartarto menempati urutan pertama dalam tingkat elektabilitas  tokoh tokoh kandidat capres jika pilpres digelar saat ini. Dimana tingkat elektabilitas ketua umum Golkar, itu sebesar 24,1 persen. di urutan kedua ada Prabowo Subianto yang mencatatkan tingkat elektabilitas  nya sebesar 18,1 persen,” tuturnya.

Sementara itu, Pengamat Politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim, mengatakan unggulnya nama ketua umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto sebagai presiden 2024 pilihan masyarakat dari hasil survei JJI merupakan bentuk keinginan masyarakat untuk perubahan dan melanjutkan program Jokowi.

“Ya unggulnya Airlangga Hartarto sebagai Presiden 2024 pilihan masyarakat adalah bentuk keinginan masyarakat untuk perubahan, dan melanjutkan program Jokowi,” katanya kepada wartawan.

Surokim menyebutkan bahwa saat ini masyarakat di Jawa tidak lagi melihat sosok capres dari suku, tetapi lebih pada kerja  nyata. Ini yang terjadi pada Airlangga yang telah membuktikan kinerjanya sebagai Menko perekonomian.

“Masyarakat di Jawa tidak lagi melihat sosok calon pemimpin dari suku, tetapi melihat dari kinerjanya yang nyata seperti yang dilakukan Airlangga sebagai Menko Perekonomian, ” ujarnya.

Tak hanya itu, dia juga menjelaskan bahwa Airlangga membawa perekonomian Indonesia jauh lebih baik lagi sehingga peluang Airlangga untuk melanjutkan program Jokowi akan terlaksana jika menjadi presiden 2024

“Airlangga mampu membawa perekonomian Indonesia jauh lebih baik dan untuk melanjutkan program Jokowi akan terlaksana jika menjadi presiden 2024,” ucapnya.

Unggulnya Airlangga ini menjadi moment Golkar lebih semangat lagi dalam menangkan Airlangga sebagai Presiden 2024.

“Unggulnya Airlangga ini moment Golkar untuk lebih semangat lagi dalam menangkan Airlangga jadi Presiden 2024,” bebernya. (Redaksi)

VelocityDeveloper.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.