jurnalmadura.com
NEWS TICKER

“Goes To Customs”, STKIP PGRI Bangkalan Gelar Kuliah Umum Tentang Bea Cukai dan Konsep Ekspor Impor

Kamis, 24 November 2022 | 6:26 pm
Reporter : jurnalmadura
Dibaca: 5
google.com, pub-2033676592392824, DIRECT, f08c47fec0942fa0

BANGKALAN, jurnalmadura.com Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bangkalan, Program Studi (Prodi) Ekonomi gelar kuliah umum “Goes To Customs” tentang Bea dan Cukai dan konsep Ekspor Impor.

Kegiatan berlangsung di kantor Bea Cukai Tanjung Perak Surabaya, di buka secara langsung oleh Kepala Kantor Bapak Ali Sadikin. Sedikitnya 43 mahasiswa Prodi Ekonomi Semester V yang mengikuti mata kuliah, didampingi Dr. Manah Tarman, Dosen Prodi Ekonomi STKIP PGRI Bangkalan.

Ketua Prodi Ekonomi Ika Lis Mariatun M.Pd, menuturkan bawah kegiatan semacam itu (kuliah umum) merupakan edukasi pada mahasiswa, sebagai implementasi mata kuliah Ekonomi Internasional. Khsususnya materi Bea Cukai dan Konsep Ekspor Impor, sebagai pengaplikasian kampus merdeka.

“Melalui acara ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi mahasiswa sebelum terjun langsung ke dunia kerja serta dapat menjadikan mahasiswa sebagai duta untuk memperkenalkan bea dan cukai kepada masyarakat secara luas,” ungkapnya, Kamis (24/11/2022).

Menurutnya, mengungkapkan bahwa kuliah umum yang berlangsung di kantor Bea Cukai Tanjung Perak Surabaya, merupakan kegiatan rutin tahunan.

Baca Juga:  AJB Bangkalan Sukses Gelar Penutupan Kegiatan HPN 2021

“Kuliah umum tentang Bea Cukai dan Ekspor Impor, sempat tidak terlaksana di kantor Bea Cukai, karena kendala pandemi. Terakhir itu tahun 2019, baru sekarang bisa kembali dilakukan,” imbuhnya.

Senada dengan Kaprodi, Dosen Prodi Ekonomi Manah Tarman, kegiatan semacam itu akan terus dilakukan secara continue. Tujuannya untuk memberikan sosialisasi dan edukasi bagi mahasiswa. Selain itu, materi tentang Bea Cukai dan Konsep Ekspor Impor juga menjadi pembahasan dalam mata kuliah wajib.

“Selain sebagai edukasi dan sosialisasi, juga salah satu pokok bahasan dalam mata kuliah Ekonomi Internasional,” jelasnya.

Pemateri dalam kuliah umum Pejabat Fungsional Bea Cukai Pertama Andi Suhendra, mengajak kalangan mahasiswa memahami tentang kepabeanan dan cukai.

Salah satu langkah yang dilakukan, diantaranya Bea Cukai terus berupaya merangkul kalangan akademisi untuk bersinergi, dalam mendiseminasikan informasi kebijakan pemerintah dan meningkatkan pemahaman serta kepatuhan masyarakat terhadap aturan kepabeanan dan cukai yang berlaku.

“Upaya tersebut diwujudkan Bea Cukai melalui program Campus Goes to Customs, yaitu merupakan ajang sosialisasi mengenalkan kepabeanan dan cukai kepada mahasiswa,” ujarnya. (Redaksi)

VelocityDeveloper.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.