jurnalmadura.com
NEWS TICKER

Upaya Antisipasi Bencana Alam, Komando Distrik Militer 0826 Gelar Apel Waspada Bencana

Thursday, 3 December 2020 | 8:51 pm
Reporter : jurnalmadura
Dibaca: 233

PAMEKASAN – Komando Distrik Militer 0826 gelar apel dalam rangka waspada bencana alam bekerjasama dengan pemerintah daerah yang dilaksanakan di lapangan pendopo Ronggosukowati pamekasan, Kamis, 3/12/2020

Letkol Inf. Tejo  Baskoro mengatakan, Apel tersebut merupakan Operasi bantuan kemanusiaan  masyarakat yang mengalami musibah bencana alam. Hal ini sangat erat kaitannya dengan pola operasi militer yang diatur dalam undang-undang TNI no 34 tahun 2004.

“Apel Gelar pasukan waspada bencana alam bisa menjadi sarana untuk melihat kesiapan dan kekuatan tanpa tanggap bencana serta untuk memperkuat komitmen sinkronisasi bidang koordinasi dari seluruh pihak terkait dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam maupun non alam di Kabupaten Pamekasan. “Tuturnya

Baca Juga:  PMII Pamekasan Komitmen Bersama Bupati Pamekasan Untuk Menuntaskan Persoalan Galian C Ilegal

Selain itu tejo sapaan akrabnya menyampaikan, Melalui apel bencana ini juga, dapat diketahui kondisi dan kesiapan peralatan yang diperlukan dalam melakukan navigasi baik itu Peralatan berat, peralatan ringan, atau peralatan pendukung lainnya.

“Dengan begitu kita pada saat dibutuhkan peralatan tersebut benar-benar pada kondisi siap untuk digunakan, karenanya tidak menutup kemungkinan bencana alam dapat datang bersamaan dengan Covid 19”.ungkapnya.

Sejak dari awal  tahun 2020 ini hampir semua negara di dunia termasuk Indonesia terkena serangan wabah penyakit yang disebabkan oleh virus Corona kondisi ini akhirnya mengakibatkan World Health Organization (WHO) menyatakan penyakit Corona ini menjadi pandemi dunia.

“Kegiatan apel bisa menjadi sarana yang efektif untuk membangun komunikasi dan koordinasi yang intens setelah kerjasama yang sinergis dan profesional dari semua pemangku kepentingan.”terangnya.

Baca Juga:  Sebuah Mobil Box Berisi Ribuan Miras Berhasil Diamankan Polisi Pamekasan

Kemudian ia menambahkan, Untuk  pemerintah pusat melalui kementerian dalam negeri pada tanggal 6 Oktober 2020 telah menerbitkan Surat menteri dalam negeri no 440/500.600/52 perihal antisipasi kesiapsiagaan menghadapi bencana dalam situasi Pandemi Covid-19.

“marilah kita rapatkan barisan, bergandeng tangan dan Bersinergi bersama-sama melakukan kesiapan dan persiapan dalam menghadapi bencana.” Ajaknya

Dalam acara tersebut ada empat pemerintah yang hadir diantaranya, sekertaris daerah Totok Hartono. Dandim 0826 pamekasan, Letkol inf Tejo Baskoro. Waka polres Pamekasan Moh. Ansori Khadafi. Kasi intel Kejari Pamekasan Hendra Purwanto.

Reporter: Afif
Editor: Halili

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

VelocityDeveloper.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.