jurnalmadura.com
NEWS TICKER

Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021 Dimajukan, Ini Penjelasan DPMD Bangkalan

Tuesday, 23 March 2021 | 6:38 pm
Reporter : jurnalmadura
Dibaca: 161

BANGKALAN – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades)  yang awalnya terjadwal pada hari Senin (05/04/2021) berubah jadwal menjadi hari Jumat (02/04/2021). Proses dimajukannya jadwal Pilkades dikarenakan bertepatan dengan agenda operasi ketupat semeru.

Kabid Pemerintahan  Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangkalan menjelaskan bahwa, dimajukannya jadwal pencoblosan Pilkades serentak tahun 2021 dikarenakan berkenaan dengan pengamanan Pilkades yang bertepatan dengan Operasi Ketupat semeru  atau Bantuan Keamanan Operasional (BKO).

Baca Juga:  Cegah Penularan Covid-19, Ketua RW Griya Abadi Bangkalan Perketat Pintu Masuk Perumahan

“Atas pertimbangan tersebut, semua BKO pasti melakukan operasi ketupat. Jadi jadwal dimajukan supaya Pilkades berjalan sesuai prosedur dan aman,” Ucap Radit, Selasa (23/3/2021)

Menurutnya, secara hukum tidak ada aturan yang dilanggar, “Memang di Perbub tahapan adalah saat hari aktif, hari aktif yang dimaksud adalah kegiatan yang meliputi pendaftaran, pengumpulan berkas dan menyangkut dengan administrasi,” lanjutnya.

Baca Juga:  Gelaran Kerapan Sapi, Kata Kapolres Bangkalan: Tidak Ada Ijin Keramain, Tapi Harus Terapkan Protokol Kesehatan Yang Ketat

Berdasarkan Perbup no. 89 tahun 2020 untuk jadwal Pilkades adalah hak Prerogatif Bupati. “Kami pasti sesuai aturan, karena hal ini juga merupakan instruksi dari surat Kapolda yang ditujukan juga ke Kapolres” pungkasnya.

Reporter: Dimas
Editor: Mahallil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

VelocityDeveloper.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.