jurnalmadura.com
NEWS TICKER

Rizal Ramli: Wong Ekonomi Lagi Melambat, Anggaran Malah Diketatkan

Rabu, 14 Februari 2018 | 7:10 am
Reporter:
Posted by:
Dibaca: 600

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pengamat ekonomi Rizal Ramli mempertanyakan program pengetatan anggaran yang dilakukan Pemerintah Indonesia di saat terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Rizal Ramli, dalam rekaman ‘Jaya Suprana Show’ yang diunggah Selasa (13/2/2018), menjabarkan ramalannya soal perekonomian Indonesia di 2017 yang menurutnya bakal “mandeg”. “Desember 2016, Rizal Ramli mengatakan bahwa ekonomi Indonesia bakal mandeg (pada 2017). Bakal hanya tumbuh lima persen,” tutur Rizal Ramli.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman tersebut mengatakan, Presiden Jokowi saat itu sempat menargetkan pertumbuhan sebesar 5,4 persen untuk 2017.

Karena dianggap tak memungkinkan, Menteri Keuangan Sri Mulyani kemudian menggeser target menjadi 5,2 persen.

“Eh, ternyata buntutnya hanya bisa 5,02 persen. Nyaris seperti ramalan Rizal Ramli pada Desember 2016, bahwa di 2017 (ekonomi) kita ‘mandeg’. Stagnasi di lima persen,” kata Rizal Ramli lagi. Menurut Rizal Ramli, ia bisa meramalkan demikian lantaran dirinya meyakini program pengetatan anggaran yang dilakukan pemerintah mengakibatkan pertumbuhan ekonomi semakin stagnan.

Rizal membandingkan hal tersebut dengan yang dilakukan oleh negara-negara maju seperti AS dan negara-negara Eropa, yang justru memompa perekonomian agar pulih lebih cepat.

“Istilah bahasa asingnya itu ‘austerity program’, program pengetatan. Pajak diuber, pengeluaran dikurangi. Ya, pasti makin stagnan,” jelas Rizal Ramli.

“Sederhana saja, wong ekonomi lagi melambat, (malah) diketatkan,” lanjutnya.

Pengetatan atau pemotongan anggaran, kata Rizal, memang kerap membuat Presiden Jokowi dipuji pihak asing.

Namun, hal tersebut bukan menjadi indikator keberhasilan perekonomian Indonesia.

“Kalau ekonomi gara-gara pengetatan ini melambat atau stagnasi, harga aset ‘kan jatuh. Asing senang, dong,” ujar Rizal Ramli.

“Jadi, harus selalu dibedakan dalam melihat ekonomi berhasil itu, baik dari kacamata orang luar (asing) atau dari kacamata rakyat kita,” tambahnya.

sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2018/02/13/rizal-ramli-wong-ekonomi-lagi-melambat-anggaran-malah-diketatkan

VelocityDeveloper.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.